Home » , , » Gara-gara Labtop Lambat Maka Jadilah Sebuah Film

Gara-gara Labtop Lambat Maka Jadilah Sebuah Film

Ehhmmm. Malam itu, aku lagi galau, gak tau apa yang mau dikerjakan. Aku coba membuka laptop dan melihat foto-foto lama, siapa tau ada beberapa kenangan manis yang masih tersimpan. Liat kocak lucu teman-teman pada masa lalu. Wajah-wajah yang dulunya imut-imut sekarang sudah pada tua, apalagi teman-teman perempuan, dulu unyu-unyu banget namun sekarang udah dewasa maklum mereka udah berkeluarga apalagi rata-rata udah punya anak. 

Tidak luput dari usaha penghilang galauku, dokumentasi beberapa kegiatan yang pernah aku ikuti dulu maupun sekarang. Ada banyak vidio yang aku temukan, ini membuat kenerja laptop semakin lambat karena dengan banyaknya vidio itu memakan harddisk begitu besar. Ini harus dicarikan solusi, gumanku. Solusi paling jitu pada malan itu adalah mengumpulkan beberapa vidio lalu dibuatkan dalam bentuk film, selebihnya dilenyapkan dari labtop imut ini. Bruumm, akhirnya aku harus membuat sebuah film dokumenter. Dokumentasi paling banyak adalah kegiatan yang dilakukan oleh Fokusgampi beberapa minggu yang lalu yaitu sebuah training kepemimpinan yang diberi nama latihan dasar kepemimpinan (Latsarpim). Untuk kegiatan ini saja vidio yang terkumpul sebesar 15 GB, sangat mubazir harddisk padahal gambar dari vidio itu tidak semuanya bagus.

Pembuatan  film ini tidak terencana sehingga pengambilan gambarnya pun tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Asal-asalan aja, gonta-ganti kameramen, pokoknya ada vidio yang direkam. Alat untuk merekamnya pun berbagai macam; mulai dari kamera Handycame, kamera digital, Ipad dan kamerea Hanpone. Pengumpulan bahannya sedikit rumit, dokumentasi yang ada di labtopku lumayan banyak namun hanya sedikit yang bisa dipakai, gerek cepat ala Riri Riza: harus menjumpai beberapa kameramen yang sudah kocar-kacir akibat liburan kuliah alias pulang kampung, maklum anak kampung tapi gak kampungan. Yaaaahh, telpon sini-sana, ketemuan sana-sini, akhirnya terkumpul juga bahannya. 

Setelah melakukan proses pengumpulan, aku mulai menyeleksi  beberapa vidio yang terekam pada saat acara, ada yang bagus ada yang jelek, kabur, goyang, gelap, pokoknya bayak vidio yang tidak sempurna, maklum aja kameramennya masi amatiran namun ada juga beberapa yang bagus dari sekian banyak yang tidak bagus. Semua vidio itu diedit dan dijadikan sebuah film. Filmnya udah jadi tapi bingung mau kasi judul apa. Oh ya, kerena kegiatannya adalah Latsarpim maka daripada lama-lama miikirin judul, membuat otak tambah kacau, langsung diputuskan tanpa musyawarah dan mufakat, kasi judul Latsarpim 2013 aja. 

Mohon kritik dan sarannya, masi pemula dalam membuat film, program untuk membuatnya pun masi sangat sederhana. Aku yakin, pembuat film profesional dulunya amatiran seperti aku juga. Yang penting terus belajar, berusaha, terus mencoba dan cari pengalaman sebanyak-banyaknya; Insya Allah akan jadi pembuat film yang hebat. [Darbe]

Jreeeng-jreengg. Teman-teman: Kira-kira beginilah dokumentasinya, selamat menikmati: 


Download: http://www.youtube.com/watch?v=grGfx5dkJKQ

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment