Home » , » Hati Baru, Hari Baru dan Baju Baru

Hati Baru, Hari Baru dan Baju Baru

[Baju koko - www.shopious.com]
Tidak terasa sekarang sudah memasuki puasa ke-15. Gimana masi kuat? Pasti dong. Kira-kira sudah menyiapkan keperluan buat hari raya belum? Sudah punya kue? Sudah punya agenda selama hari raya? Terus, apakah sudah beli baju baru?.

Idul Fitri adalah hari Kemenangan umat Islam. Kemenangan disini adalah bentuk dari kemenangan dalam menggapai kesucian atau perwujudan dari kembali kepada keadaan  fitrah (Fitri). Idul Fitri juga sering disebut hari baru, sehingga semuanya bernuansa baru. Mulai dari tingkah laku baru, pikiran baru, hati baru bahkan bajupun baru. 

Berbicara baju hari raya, entah sejak kapan, yang jelas kebiasaan membeli baju baru untuk hari raya bagi umat Islam di Indonesia seakan sudah menjadi kebudayaan atau tradisi. Coba lihat, menjelang hari raya, hampir semua orang beramai-ramai mempersiapkan baju baru. Mall dan toko-toko baju ramai oleh pembeli. Diskon dan penawaran menarikpun digelar sejak memasuki bulan Puasa. Wajar saja kalau pusat perbelanjaan semakin ramai dan kian padat oleh pembeli. Tak hanya toko baju, tukang jahitpun kebanjiran order. Tak hanya itu saja, model baju lebaran pun sangat beranekaragam.

Di kampung kami jika hari raya kita akan melihat pemandangan yang berbeda seperti biasannya, semuanya serba baru, ada banyak orang-orang baru yang dulunya tidak pernah kelihatan, setelah dicek, ehh, rupanya sipulan, dulu dia masi kecil, masi ingusan sekarang sudah besar, sudah cantik, sudah ganteng. Ada juga orang yang baru pulang dari perantauan, baik dalam negri maupun luar negri. Pastinya penampilan anak-anak rantau ini lebih necis dari pada kami yang anak kampung. Sangat kelihatan pada baju koko yang mereka pakai saat Shalat Idul Fitri di Masjid.

Saat Shalat Idul Fitri tidak lengkap rasanya jika tidak memakai baju koko. Sangat jarang kita temukan orang yang memakai baju kaos atau sejenisnya. Semiskin apapun seseorang jika saat hari raya pasti mengusahankan membeli baju koko muslim sekalipun memilih yang harga lebih murah. Ada juga yang masi menggunakan baju koko lama, tidak masalah sih sebenarnya. Baju apapun yang kita gunakan yang penting sopan dan bernuansa muslim.

Untuk yang perempuan, coba lihat pasti banyak sekali yang memakai baju gamis syari, mereka kelihatan sangat menarik dan cantik dengan baju gamis itu. Baju seperti inilah salah satu conton pakaian yang dianjurkan oleh agama Islam. Menutupi aurat sepenuhnya. Baju gamis tidak pernah ketinggalan jaman, dia selalu ikut model, apalagi dengan perpaduan warna-warna yang sangat menarik untuk dipandang.

Baju koko dan gamis syari adalah baju yang paling sering orang memakainya saat hari raya. Namun jika tidak punya jangan berkecil hati. Pada dasarnya makna hari raya bukanlah baju baru tetapi hati baru. Melakukan perubahan besar selama bulan Ramadhan dan merayakan kemenangannya saat Idul Fitri. Itu hakikat sebenarnya dari hari raya. 

#Darbe.

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment