Home » , , » Pesta Besar di Tahun 2014

Pesta Besar di Tahun 2014

Belajar
[Suasana Ujian Siswa MI Ile Ape NTT]
Tahun ini merupakan tahun yang paling seksi untuk diikuti,  tahun yang membuat jantung berdebar-debar. Bagai mana tidak, ada dua pesta besar akan dilangsungkan yaitu pemilu dan Ujian Nasional. Sepertinya nasib bangsa Indonesia akan ditentukan pada tahun ini. Pada tanggal 14 April nanti, ribuan anak akan mengikuti pesta besar dengan judul Hari Penentuan. Ada seorang anak yang tinggal disamping rumahku, sebut saja nama Aris, ibunya memintaku untuk memberikan sedikit nasehat  kepada anaknya dalam menghadapi ujian nasional besok. Kira-kira beginilah nasihatnya:

Nak, sudah cukup bereforia pasca pemilu. Aku tahu kau sudah dewasa, buktinya kau mempunyai hak suara pada pemilihan legislatif 9 April silam. Siapa yang kau pilih? Dari partai mana? Ahh. Itu bukan urusanku. Kau tak perlu cemas, tak perlu khawatir terhadap caleg yang kau pilih kalau seandainya dia tidak menang. Kalaupun dia menang, apakah dia akan memperdulikanmu? Belum tentu. Kau adalah orang yang sangat baik karena telah memberikan mereka pekerjaan, pekerjaan sebagai anggota dewan yang terhormat. 

Nak, berhentilah memikirkan soal politik, soal hasil pemilu tempo hari, itu bukan urusanmu, itu urusan bapak/ibu yang sedang merekap surat suara disana, itu urusan orang tuamu dan urusan mereka yang naik mobil plat merah. Kau pikir aku mengajarkanmu untuk apatis? Ohh, tidak. Aku peduli padamu, kau masih mempunyai agenda besar yang harus dilalui dan itu lebih penting.

Aku tahu, kau pasti bertanya. Lantas apa urusanku. Pak? Kau lupa? Senin besok ada pesta untuk kalian, pesta putih abu-abu serentak seluruh Indonesia. Nasibmu akan ditentukan disini, masa depanmu bermula dari bangku SMA ini. Aku tahu kau sudah belajar dengan sangat giat, bimbingan sore selalu kau ikuti, dirumahpun kau selalu bergelut dengan buku.

Nak, kau mungkin mendapatkan angin surga dari kakak kelasmu dulu. Saat UN berlangsung pasti ada "makhluk siluman" yang memberikan kunci jawaban, sehingga kau tak perlu belajar. Kau percaya? Sungguh sial kalau kau mempercayainya. Kalau pun iya, apakah kau ingin belajar jadi penipu? Aku sangat yakin kau tidak akan berbuat curang.

Nak, memang sial nasibmu, miris sekali. UN sebenarnya adalah isu seksi buat media masa di negri ini, namun satu hari sebelum UN berlangsung berita di koran maupun televisi tidak seheboh pada tahun kemarin. Kau jangan bersedih kalau pada tahun ini para petinggi bangsa tidak memberikan perhatian penuh padamu. Maklumi saja, ini tahun politik, pesta lima tahun sekali belum selesai. Katanya nasib bangsa ini ditentukan pada tahun ini. lalu, bagaimana dengan nasibmu?.

Nak, kau harus tahu, hasil UN 2014 untuk tingkat SMA sederajat sepenuhnya dijadikan pertimbangan masuk perguruan tinggi negeri. Kalau kau tidak lulus maka kau tidak akan bisa masuk perguruan tinggi negeri. Kau ingin menganggur? Aku yakin tidak. Bangsa ini membutuhkanmu. Kau yang akan duduk di bangku terhormat di gedung DPR, kau yang akan menjadi pimpinan daerah. Kami semua menaruh harapan padamu. Ulang tahun emas Indonesia pada tahun 2045 nanti adalah milikmu, maka persiapkanlah dirimu dari sekarang.

Nak, kalau kau tidak pintar, kalau kau tidak paham agama, kalau akhlakmu buruk, maka kau tidak jauh berbeda dengan mereka. Mereka itu bodoh, buktinya mereka korupsi. Orang pintar tidak akan korupsi karena orang pintar tahu korupsi itu dapat merugikan orang lain dan hukumnya adalah dosa besar.

Nak, Ujian Nasional itu seru lho, soalnya banyak dan sulit. Tapi enak banget ketika kau menikmatinya. Ingat, kau sudah belajar kan...???

Nak, jangan lupa minta bantuan pada Allah SWT, hanya dia yang bisa menolongmu pada saat ujian berlangsung. Bukan guru, bukan kepala sekolah, bukan pengawas dan juga bukan "makhluk siluman" itu.

Ingat, Hadirkan Allah dalam hatimu.

Selamat mengikuti Ujian Nasional 2014.
Semoga sukses...!!

#Darbe. Gedung PPG. F.2.01.13 April 2014.

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment