Home » , , » Tidak Ada Perayaan. Selamat Ulang Tahun SM3T

Tidak Ada Perayaan. Selamat Ulang Tahun SM3T

SM3TRI
Selamat Ulang Tahun SM3T
Saya hampir lupa dan sayapun berkeyakinan tidak banyak yang tahu hari lahir SM3T. Sebuah program yang digagas oleh Kemendikbud dalam hal ini Dikti yang bertema besar “Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia”. Empat tahun yang lalu tepatnya 6 September 2011 lahir sebuah program pemerintah yang menyejukkan hati banyak orang, membuat dunia pendidikan kegirangan karena akan ada secercah harapan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang pada saat itu mulai terpuruk, mulai ada harapan untuk melahirkan generasi emas terbaik bangsa dari pelosok sana.

6 September 2011. Resmi program Sarjana Mendidik di Derah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) diluncurkan dan berhasil mengirimkan ribuan guru ke pedalaman Indonesia. Pada masa itu tidak banyak yang tahu tentang SM3T, publikasinyapun sangat minim. Kalah tenar dengan program Indonesia Mengajar yang saat itu sangat masif dalam publikasi. Dan program SM3T pada saat itu juga masih banyak sekali kekurangan sana dan sini. Maklum, program baru yang harus merangkak, belajar dan berbenah.

Alhamdulillah, sekarang SM3T sudah berumur 4 tahun. Sudah melahirkan lima generasi. Sudah mengirimkan belasan ribu guru ke pelosok negri. Mereka mengabdi dan mencerdaskan anak-anak Indonesia. Program ini semakin dikenal bahkan mulai menjadi ekslusif dengan seleksi yang sangat ketat untuk bisa bergabung. Hanya memilih para guru terbaik saja dari setiap LPTK seluruh Indonesia. Program ini semakin anggun dengan output Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan selanjutnya PNS khusus dengan istilah Guru Garis Depan (GGD). SM3T akan selalu menjadi wanita cantik yang selalu dilirik oleh banyak orang. 

SM3T telah melahirkan insan-insan yang luar biasa. Melahirkan guru-guru hebat yang telah ditempa oleh alam pedalaman selama setahun. SM3T telah melahirkan orang-orang serba bisa yang tahan banting dalam kondisi apapun. SM3T telah menempa pemuda-pemuda manja dan apatis menjadi pemuda yang luar biasa. SM3T telah mengajarkan banyak orang untuk menghargai sebuah pertualangan dengan sejuta ilmu dan pengalaman. SM3T telah mengajarkan kepada seluruh Keluarga besarnya arti sebuah rasa syukur, hikmah dan pengorbanan. Mengajarkan arti sebuah ketulusan dari lubuk hati yang paling dalam. 
******
Tidak seperti program-program pemerintah lainnya. Setiap hari jadi,hari lahir atau ulang tahun selalu dirayakan dengan penuh suka cita, kemeriahan dan kemegahan. Publikasi pesta menyebar ke seantero Indonesia, pembaca berita sibuk memuji puja di setiap televisi pemerintah dan swasta. Meriah sekali. 

Namun, tidak dengan program SM3T. Tahun ini lesu sekali, tidak ada gegap gempita perayaan. Tidak ada pesta kemegahan. Tidak ada pertemuan untuk merayakan. Tahun ini pemerintah dalam hal ini Kemenristekdikti tidak ambil bagian dalam perayaan. Kita semua maklum, bangsa kita sedang krisis. Rupiah melemah hingga sentuh 14.192 per dolar AS. Tidak ada kesempatan untuk berpesta dan bermegah-megahan. Semua orang harus berhemat dan fokus membantu membagun perekonomian bangsa.

Biarpun pemerintah tidak membuat perayaan. Bukan berarti SM3T itu hilang dari hati para alumninya, dan tidak akan pernah hilang dalam hati teman-teman yang sedang mengabdi di pelosok sana, begitu juga dengan anak-anak didik mereka. Karena SM3T telah membuat semua orang menjadi berarti, gegap gempita perayaan dengan cara dan gaya setiap orang akan selalu dikampanyekan dengan penuh kehangatan. 

Teman-teman yang sedang berada di pelosok sana pasti sudah mempersiapkan perayaan khusus bersama anak-anak terbaiknya, bersama masyarakat merayakan ulang tahun sebuah program besar yang bernama SM3T. Begitu juga dengan para alumninya, pasti ada agenda khusus yang sudah mereka persiapakan dengan cara mereka sendiri. Tidak perlu perayaan mahal yang dilaksanakan oleh pemerintah, justeru membuat orang marah karena akan menghabiskan banyak uang negara. Biarlah kami atas nama keluarga besar SM3T merayakannya dengan perayaan kami sendiri. Dan kami tahu bagaimana caranya.
******
Terimakasih SM3T telah mempertemukan kami dengan orang-orang hebat, terimakasih telah memberi kesempatan kepada kami untuk menikmati lukisan Indonesia raya dari Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Pulau Rote. Terimakasih telah mempertemukan kami dengan keluarga baru, teman baru dan pengalaman baru. Terimaksih telah melahirkan para pendidik hebat dan berdedikasi tinggi. 

Terimakasih SM3T telah memberikan waktu setahun untuk kami dalam memperjuangkan cita-cita, mimpi, idealisme dan harapan. Hanya setahun menjadi guru di pedalaman, kami telah menjadikan ini sebagai sesuatu yang berarti dan penuh arti. Kami semua yakin bahwa pengalaman setahun di pedalaman merupakan nilai terbaik dengan predikat cumloude yang diberikan oleh Universitas kehidupan yang tidak akan pernah kami lupakan. 

Pengalaman setahun ini akan menjadi bagian dari sejarah hidup yang tidak mungkin bisa kami lupakan: desa terpencil, alam pedalaman, masyarakat dan anak-anak didik itu akan selalu menjadi bagian dari hidup kami. [darbe]
Selamat Hari Jadi ke-4 SM3T.Semoga selalu ada untuk anak-anak Indonesia. Kami bangga.
[Banda Aceh, 6 September 2015]


Hari Jadi SM3T ke-4
hari Jadi SM3T
Foto dari Facebook Fitriani Anwar

Hari Jadi SM3T
Foto dari Facebook Fitriani Anwar

Papua
Foto dari Facebook Fitriani Anwar

SM3T Papua
Foto dari Facebook Fitriani Anwar


Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment