Home » » Ujian Paling Mengerikan

Ujian Paling Mengerikan

UTN PPG SM3T
Ujian merupakan salah satu instrumen evaluasi wajib untuk menilai seseorang lulus atau tidak dalam sebuah lembaga pendidikan. Lembaga formal maupun non formal. Tanpa ujian maka ketuntasan tidak bisa diukur. Begitulah kata para ahli evaluasi.

Semua orang tau, Ujian Nasional (UN) tingkat SD-SMA adalah ujian yang sering menjadi kontroversi, dimana-mana diperdepatkan. Banyak yang mendukung dan tidak sedikit yang menolak dengan berbagai alasan. Katanya UN tidak cocok untuk mengukur kecerdasan seorang siswa, sekolah tiga tahun ditentukan 1 minggu. Alasan yang logis. UN ini pun banyak mendatangkan mudzarat, tidak sedikit para siswa yang tidak lulus menjadi stres bahkan bunuh diri. Pernah lihat bagaimana situasi didalam kelas ketika UN? Pasti pernah. Biasa-biasa saja bukan, tidak begitu menegangkan. Begitulah ujianya para siswa di sekolah. Lalu, bagaimana ujianya para calon guru yang akan mendidik para siswa di sekolah? Penasaran? Mari menyimak.

Namanya adalah Ujian Tulis Nasional Pendidikan Profesi Guru (UTN-PPG), ujian ini sangat mengerikan karena kerap terjadi hal-hal yang tidak biasa, menegangkan dan menakutkan, sedikit saja mengalami kesalahan maka akan gagal menjadi guru. Gimana sih ujiannya?.

1. Ujian sistem Online
Ujian dilaksanakan serentak seluruh LPTK penyelenggara PPG, ujian dilaksanakan sistem CAT online terpusat. Waktu ujiannya telah ditentukan oleh sistem dan jika ada kesalahan teknis di lokasi ujian maka harus melapor ke pusat. Jika mati lampu maka akan sangat merugikan peserta karena biarpun lampu mati, internet tidak terkoneksi tetapi waktu ujian tetap berjalan. Ujian online dengan paket soal berbeda membuat para peserta ujian tidak bisa menyontek dan bertanya kepada teman yang lain. 

2. Pengawas yang banyak
Pengawas dalam ujian ini lumayan banyak, pastinya tidak kurang dari 4 orang bahkan lebih dimana peserta tidak lebih dari 20 orang itupun tergantung bagaimna pihak LPTK penyelenggara mengaturnya. Orang yang menjadi pengawas lumayan menakutkan, selalu keliling ruangan dengan mata sangat tajam. 

3. Terekam kamera
Kamera disetiap sudut yang memantau pergerakan peserta ujian sangat menakutkan, tidak ada peserta yang terlewati oleh mata kamera. Bisa saja berbuat curang, kenapa harus takut dengan kamera, shiittt, jangan macam-macam. Kamera memantau aktivitas peserta ujian selam 90 menit dan hasil rekaman akan dikirim ke panitia UTN pusat sebelum pengumuman UTN dilaksanakan. Jika peserta ujian lulus pada saat UTN namun kedapatan berbuat curang maka kelulusannya pun akan di batalkan. Mengerikan bukan?

# Setelah Pengumumuman UTN. 
[M. Darmansyah Hasbi]

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment