Home » , , » Mewujudkan Generasi Unggul

Mewujudkan Generasi Unggul





























Koneksi antar materi modul 1.3 ini berisi apa yang saya pahami mengenai kaitan peran saya sebagai guru dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-murid saya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah. Materi-materi sebelumnya sangat berkaitan mulai dari filososfi pemikiran Ki Hadjar Dewantara, nilai dan peran guru penggerak, serta manajemen perubahan dengan model inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA untuk mewujudkan visi Guru Penggerak.

Keterkaitan Visi Guru Penggerak dengan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Visi guru genggerak harus sejalan dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara, bahwa tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Sehingga, dalam menyusun visi, guru harus berfokus pada murid agar murid dapat berkembang sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya. Guru diharapkan dapat menggali peta kekuatan baik dari faktor internal maupun eksternal untuk mewujudkan visinya.

Ki Hadjar Dewantara memilih metode among dalam mendidik anak. Metode among dikenal dengan metode pengajaran dan pendidikan berdasarkan Asih, Asah, dan Asuh. Among memiliki pengertian menjaga, membina, dan mendidik anak dengan kasih sayang, membimbing anak dengan ikhlas sesuai bakat dan minatnya, memberikan tuntunan agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar.

Keterkaitan Visi Guru Penggerak dengan Nilai dan Peran Guru Pengerak

Visi guru penggerak harus mampu mencerminkan nilai dan peran dari guru penggerak dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila sehingga guru penggerak haruslah memiliki nilai dan mampu menerapkan perannya sebagai guru penggerak, antara lain: menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, menjadi coach bagi guru lain, dan mewujudkan kepemimpinan murid.

Sebagai guru, kita harus memiliki visi yang jelas menggambarkan seperti apa layanan dan lingkungan pembelajaran yang perlu diberikan pada murid. Keyakinan kita atas visi itulah yang terus membuat kita terpacu untuk melakukan peningkatan kualitas diri serta menguatkan kolaborasi di lingkungan sekolah sehingga menjadi upaya perbaikan yang berkesinambungan.

Tantangan bagi guru agar bisa memberi ruang pada semua murid untuk belajar dan mendapatkan pendidikan yang semestinya. Pembelajaran yang berpihak pada murid. Untuk itu, nilai-nilai dari guru penggerak seperti mandiri, reflektif, kreatif, inovatif dan berpihak pada murid semestinya melekat dalam diri seorang guru penggerak, agar mampu menjalankan perannya dengan baik demi mewujudkan visinya, yaitu 

Mewujudkan Generasi Unggul Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.

Untuk mewujudkan visi tersebut maka guru harus bisa memetakan kekuatan yang ada baik dari dirinya sendiri maupun lingkungan di sekitarnya. Bisa dari Kepala Sekolah, rekan sejawat, orang tua murid, masyarakat, sarana prasarana maupun murid itu sendiri. Setelah memahami peta kekuatan maka bisa menemukan strategi untuk melakukan perubahan mewujudkan mimpi menjadi nyata.

Inkuiri Apresiatif BAGJA

Apabila guru penggerak sudah memiliki nilai dan menerapkan perannya sebagai guru penggerak, maka akan mampu mewujudkan visinya. Visi tersebut akan tercapai bila terukur, konkret, sistematis dan terencana. Guru harus memiliki visi yang mengarah kepada perubahan, baik perubahan di kelas atau perubahan di sekolah. Untuk mencapai perubahan tersebut guru perlu mengenal pendekatan manajemen perubahan. Manajemen pendekatan perubahan sering disebut sebagai Inkuiri Apresiatif (IA) dengan tahapan bernama BAGJA.

Inkuiri Apresiatif adalah manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Pendekatan IA dapat dimulai dengan mengindetifikasi hal baik apa yang telah ada di sekolah, mencari cara bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan dan memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik. Untuk melaksanakan IA diperlukan sebuah strategi. Strategi itu dikenal dengan akronim BAGJA, yakni Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, dan Atur eksekusi.

Perubahan yang diharapkan tentu saja harus tetap mempedomani filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara. Bahwa pendidik hanya berperan sebagai penuntun murid menuju kodrat alam dan kodrat zaman. Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri, guru hanya bisa menuntun tumbuhnya kodrat tersebut. 

_________________

Tugas:
1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3

Muhamad Darmansyah, S.Pd.
SDN 15 Merah Arai
- CGP-6-Sintang 

Newest
You are reading the newest post

0 komentar:

Posting Komentar