Home » , , » Pantai Bean, Duplikat Keindahan Phuket

Pantai Bean, Duplikat Keindahan Phuket

Wisata Lembata
[Pantai Bean, Lembata, NTT]
Jangan ngaku sudah pernah pergi ke Lembata kalau belum berenang di pantai Bean. Begitu ungkapan masyarakat sekitar untuk memprovokasi orang yang baru mendatangi Pulau Lembata. Siapa sangka di ujung tandusnya Lembata, pulau seribu pesona ini menyimpan sejuta panorama indah, rasa penasaran mengantarkan saya untuk mengunjungi pantai yang disebut-sebut mengalahkan pantai Phuket Thailand sekalipun.

Keindahan panorama pantai dengan hamparan pasir putih serta hempasan ombak yang cukup besar, serta tebing dan gua alam. Pantai Bean merupakan pantai pasir putih yang unik dengan pasir putih dalam bentuk kristal-kristal halus yang membentang dari barat ke timur sejauh kurang lebih 5 KM dengan ombak laut yang bergulung terus menerus dan pecah secara teratur. Indah sekali.

Pulau Lembata
[Berenang di Pantai Bean]
Pantai dengan kondisi seperti ini sangat cocok untuk berselancar dan surfing. Pantainya cukup landai dan aman bagi pengunjung yang ingin berekreasi di pantai. Di pantai ini juga memiliki tebing yang cukup menarik untuk kegiatan wisata panjat tebing.

Pantai Bean terletak di ujung Pulau Lembata yang berhadapan langsung dengan Pulau Alor. Terletak di Desa Bean Kecamatan Buyasuri dengan jarak tempuh 82 KM dari pusat Kota Lewoleba, untuk menuju ke lokasi tersebut dapat ditempuh dengan angkutan darat.

Kabupaten Lembata
[Menatap Pantai Bean dari Ketinggian]

Jangan berpikir di seputaran pantai ini ada pasar ataupun hotel. Untuk sinyal dan listrik saja masi sangat minim. Biarpun tidak ada penginapan khusus, pihak desa setempat akan mengusahakan homestay untuk para pengunjung. Boleh juga membawa perlengkapan kemah sendiri dan bekal seadanya, mengenai makanan ringan kita bisa membelinya di kios-kios warga sekitar atau bisa juga membelinya di pusat kecamatan tapi kalau di pusat kecamatan lumanyan jauh dan menguras banyak tenaga. 

Untuk masyarakat sekitar jangan khawatir, mereka sangat welcome dengan tamu apalagi tamu yang berasal dari luar pulau Lembata. Bagi mereka, dengan semakin banyak tamu yang datang maka secara tidak langsung pariwisata di desa mereka mulai dikenal orang luar dan kedepannya sangat bagus untuk prospek ekonomi masyarakat.

Wisata di NTT
[Berpose bersama di Pantai Bean]
Akses menuju pantai Bean memang harus menguji adrenalin, dari pusat kota Lewoleba menuju Kedang selanjutnya melewati beberapa desa menuju pantai Bean. Setelah sampai di desa Panama, membutuhkan waktu lebih kurang 40 menit untuk menuju ke Desa Bean dengan jalan yang lumayan buruk, berlobang, berbatu dan dengan kecuraman yang lumayan menggoda. Jika menggunakan sepeda motor dan berhasil melewati semua tantangan selama di jalan maka selamat anda adalah pengendara yang hebat. 
Berapa biaya masuk ke pantai Bean? Gratis. Pariwisata pantai Bean belum dikelola dengan baik oleh pemerintah sehingga banyak wisatawan yang tidak mengetahui keberadaanya. Biarpun demikian, bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai Bean tidak akan menjadi masalah. Biarpun gratis, tidak salah juga bagi pengunjung untuk menyumbang alakadarnya kepada pihak desa setempat supaya mereka bisa menggunakan dana dari pengunjung untuk pengelolaan pantai yang lebih baik kedepannya. [DR]

Ingat, pantai Bean itu indah sekali.

#Darbe, 30 Juni 2015

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar